Friday, February 18, 2011

Why story telling?

Kegiatan story telling atau bercerita selain merupakan kegiatan yang menyenangkan bersama anak, juga dapat membawa banyak kebaikan, di antaranya adalah

  • Menumbuhkan minat baca dan cinta buku semenjak dini
  • Membangun imajinasi anak
  • Melatih anak menyimak dengan baik
  • Menciptakan perbendaharaan kata yang kaya
  • Membangun kemampuan berbahasa anak /komunikasi
  • Memahami nilai moral/sosial yang terkandung dalam cerita
  • Melatih perkembangan berpikir (Melalui pemahaman isi cerita/informasi yang diberikan)
  • Membuat dugaan melalui rangkaian cerita yang terjalin
Semua hal di atas akan sangat berguna bagi anak untuk melakukan proses berpikir, yaitu dalam melakukan analisa, verifikasi terhadap informasi/data, dan pengambilan kesimpulan untuk pemecahan masalah.

Kegiatan sebelum cerita---memilih buku cerita

  • Memilih key words atau kata kunci sebagai informasi bagi anak mengenai inti yang akan disampaikan
  • Pemilihan kata yang menarik, mudah dipahami oleh anak
  • Sampul depan haruslah atraktif untuk menggerakkan minat anak melihat lebih lanjut isi buku tersebut

Kegiatan selama bercerita
  • Gunakan gambar/benda (topeng, boneka, boneka tangan dll) agar kegiatan bercerita lebih menarik, menjaga fokus perhatian anak dan anak ikut terlibat dalam proses story telling tersebut.
  • Gunakan mime dan sound effect untuk membangun suasana. Selain membangun suasana, anak juga dapat belajar mengenai berbagai ekspresi melalui perubahan mimik, misalnya marah, sedih, senang, khawatir, dan lain lain.
  • Naming object. Lafalkan berbagai objek yang terdapat di dalam cerita sambil menunjukkan gambarnya. Bisa sertakan atribut warna, ukuran, fungsi dan perbedaan serta persamanaan antar objek.
  • Ajak mereka menebak apa yang akan terjadi selanjutnya.Anak menjadi lebih bersemangat dan memiliki keterlibatan terhadap apa yang tersaji dalam cerita.
  • Doing something. Lakukan apa yang ada dalam buku agar anak lebih menghayati dan memahami proses yang terjadi. Lakukan gerakan binatang yang ada di buku, selain anak mengetahui apa yang bisa dilakukan oleh binatang tersebut, mereka juga semakin aware dengan apa yang daqpat dilakukan oleh anggota tubuh mereka sendiri, melatih koordinasi, lateralisasi, keseimbangan, dan juga body image.
  • Mengulang kata dari cerita untuk menambah perbendaharaan kata si anak. Sertakan pula deskripsi kata tersebut agar anak lebih memahami maknanya.

Kegiatan setelah bercerita/review---Lakukan untuk melihat sejauh mana anak memahami cerita.
  • Tanya jawab benar atau salah (true or false).
  • Menggambar
  • Menceritakan kembali/review
  • Membuat pertanyaan dari bahan yang telah dibaca untuk kajian selanjutnya.
SELAMAT BERCERITA

No comments:

Post a Comment