Saturday, November 30, 2013

Moments To Remember


source pinterest

Sebentar lagi bulan November berlalu dan berganti dengan Desember. Menandakan setahun perjalanan melintas waktu meretas asa. Selama setahun, banyak hal telah terjadi pada diri kita. Hal-hal terindah maupun terburuk sekalipun. Begitulah hidup.
Beberapa fragmen kehidupan mengajarkan tentang kebangkitan hati setelah jatuh terlalu dalam. Beberapa momen memberikan pelajaran tentang bahagia atas pencapaian positif yang telah dihasilkan. Semua ada dalam catatan ingatan masing-masing dari kita dalam bentuk file kehidupan, menjadi bahan refleksi untuk lebih baik ke depannya. Tetapi, bagaimanapun juga ingatan di kepala tentang beberapa hal kadang telah terlalu penuh, sementara ingatan-ingatan baru mendesak untuk masuk.
Lalu, kenapa ingatan-ingatan jejak paling berkesan selama setahun itu tidak dituliskan saja agar tidak perlahan-lahan terlupakan? Bukankah kadang kita tidak ingin melupakan momen-momen tertentu dalam hidup? Membahagiakan ataupun sebaliknya. Mengenai hal-hal besar, maupun hal-hal yang mungkin terlihat sepele. Setidaknya, mereka telah memberikan pembelajaran positif pada kita tentang hidup yang sedang dijalani, baik secara langsung maupun di kemudian hari. Kita bisa menjenguk file kehidupan kita ketika dihadapkan pada situasi yang sama seperti yang pernah kita alami. Bukankah kehidupan itu hanya pengulangan? Seperti yang diungkapkan King Solomon, “There is nothing new under the sun”.
Karena ingatan tidaklah abadi, maka kami mengajak teman-teman untuk mengabadikannya dalam sesuatu yang nyata, yang terlihat, yang terbaca agar suatu saat kisah itu kembali dapat kita jenguk, sebagai pengingat bahwa kita pernah melewati momen yang luar biasa. Ya, kami mengajak teman-teman untuk berpartisipasi dalam project Moments To Remember yang akan dimulai tanggal 1 Desember 2013..
Bagaimana caranya?
  1. Teman-teman bebas menuliskan di mana saja. Tidak harus punya blog, yang terpenting teman-teman “menulis”, bahkan di buku tulis sekalipun. Menuliskan kisahmu di blog (dengan platform apa saja) maupun di note FB dan membaginya kepada teman-teman yang lain tentu akan lebih bermakna.   
  2. Setiap berselang tiga hari, akan ada tema baru yang bisa dikerjakan oleh teman-teman yang ikut dalam project. Tema tersebut akan kami informasikan melalui akun twitter kami - kami usahakan pada pukul 18.00 WIB. Namun tema berikutnya yang digulirkan bukan berarti deadline batas akhir bagi tema sebelumnya. Batas waktu pengerjaannya tetap sebulan penuh, selama bulan Desember. Jika ingin sharing di Twitter, boleh mencantumkan tagar #MTR2013 (Moments To Remember 2013) beserta link postinganmu di blog, agar dapat dibagi ke teman-teman yang lain. Boleh mention kami (@momo_DM dan @I_am_BOA), boleh juga tidak. 
  3. Apakah harus berbentuk tulisan dengan rangkaian kata-kata? Tidak. Selain dalam bentuk tulisan deskripsi, kisahmu bisa diceritakan dalam gambar, foto, scrapbook, file suara, tulisan fiksi, puisi, apapun yang membuatmu nyaman untuk bercerita.
  4. Ada bocoran tema? Hmm... yang pasti kita akan melempar 10 tema. Kenapa sepuluh? Karena bagi sebagian budaya, angka 10 melambangkan kesempurnaan. Dan dengan mengingat momen berharga dalam hidup kita serta memetik pelajaran darinya, kita berharap untuk kehidupan kita yang lebih baik nantinya. Love, Faith, Family, Friendship, adalah sebagian tema yang akan diangkat, namun hal ini masih tentatif. Kami terbuka terhadap saran dari teman-teman sekalian. Oya, rencananya tema terakhir adalah My Gratitude List. Kira-kira teman-teman sudah bisa menebak kan tentang apa? :)
  5. Wajib menulis 10 tema? Tidak. Sekali lagi, ini bukan paksaan. Project ini adalah komitmen dengan diri kita sendiri. Teman-temanlah yang berkuasa atas pilihan dalam hidup teman-teman pribadi.
Teman, meskipun tidak ada paksaan untuk memposting di platform blog apapun atau membaginya kepada siapapun, namun tanpa kita sadari kisah kita mungkin saja bisa memberi perubahan yang lebih baik kepada orang lain ketika mereka membacanya. Dan jika ingin mengajak teman-teman yang lain untuk ikut project ini, kami sangat berterima kasih. Berarti kalian sudah berbagi kesempatan kepada mereka untuk kembali mengingat dan bersyukur atas momen-momen berharga yang telah memberi makna bahkan mengubah diri mereka.
Mari bersama menutup tahun dengan berterima kasih untuk hal-hal yang membuat diri kita lebih dari sekadar menjalani hidup.

Kami tunggu kisahmu.

Salam hangat,
Momo dan Bety


***

Berikut adalah tema-tema dalam proyek #MTR2013 ini (disusun dalam urutan). Silahkan mengenang. :)

1. 1 Desember 2013: Love atau Cinta 
Kalian bebas mendefinisikan tema CINTA ini sesuai yang kalian hayati. Tentang perjalanan asmara, cinta pada keluarga, binatang, benda, apapun. Bisa saja tentang keberhasilan move on, menemukan cinta yang baru, atau mungkin juga patah hati sepatah-patahnya (hiks). Ayo kisahkan ingatanmu tentang cinta yang tak bisa dilupakan. Bisa dalam bentuk apa saja, kok. Curhat, curhat terselubung lewat cerpen, scrapbook, foto story/kolase, dll apapun senyaman kalian. Enjoy the moment. :')

 2. 4 Desember 2013: Family atau Keluarga
Apa yang dekat dengan keseharian manusia selain cinta? Tentu  saja KELUARGA. Terkadang kita lupa, bahwa keluarga adalah salah satu hal terpenting di dunia. Keluarga bisa jadi mereka yang memiliki hubungan darah dengan kita. Tapi untuk beberapa orang, keluarga adalah mereka yang dengan siapa kita berbagi kasih tanpa pamrih, sahabat misalnya. Hubungan dgn keluarga kadang rumit, tidak selalu mulus dan bahagia. Namun bagaimanpun, keluarga adalah tempat di mana kita kembali. So, siap berbagi kisahmu dan keluarga di sepanjang tahun ini dalam #MTR2013 ? Kami tunggu, ya.

 3. 7 Desember 2013: Friendship atau Persahabatan
Setiap orang yang kita pilih untuk menjadi teman dan selanjutnya menjadi sahabat bisa jadi kita pilih karena alasan tertentu. Karena enak diajak curhat, karena punya kegemaran yang sama, karena sifat berbeda yang saling melengkapi, dan lain sebagainya. Apapun itu, tanpa kita sadari, setiap mereka mewakili dunia dalam diri kita. Dunia yang mungkin belum ada sampai mereka datang dan mengisi hari-hari kita. Layaknya hubungan yang lainnya, jalinan pertemanan atau persahabatan diwarnai sukacita maupun perselisihan. Namun seperti yang Aristotle bilang, "Friendship is a single soul dwelling in two bodies". Meskipun banyak dari kita yang lebih menyukai kesendirian, namun menjadi benar-benar sendiri tentu bukanlah pilihan. Karena banyak momen di mana kita membutuhkan kehadiran orang lain, selain keluarga. Jadi, apa kisahmu di tahun 2013 ini dengan para teman dan sahabat?

 4. 10 Desember 2013: Career atau Karir 
Karir dalam bisa saja tentang pendidikan atau pekerjaan yang sedang dijalani saat ini. Bisa saja baik maupun buruk. Cerita akan ingatan tentang karir (pendidikan/pekerjaan) dalam bisa lewat tulisan, sketsa, photo story, atau apa saja. Tidak ada keharusan untuk berbagi cerita, tetapi setidaknya ada pembelajaran tentang karir dari yang diceritakan dalam

 5. 13 Desember 2013: Passion

Follow your passion and you will find your own happiness”. Menurut kamus bahasa Indonesia, passion berarti: semangat, bergairah, kegemaran, dsb. Passion juga bisa diartikan sebagai minat, gairah hidup, sesuatu yang mendorong kita untuk terus maju, energi yang muncul dalam diri tersebab kita melakukan hal yang kita sukai. Mungkin sebagian dari kita telah menemukan apa yang benar-benar menjadi passion masing-masing, bahkan menetapkannya menjadi karir. Namun tak sedikit yang masih gamang. Rasa takut mengambil risiko, kemungkinan gagal,kurangnya stabilitas,atau pendapat orang lain mencegah kita mengikuti apa yang menjadi passion dalam hidup kita. Tapi, kita semua memiliki kemampuan untuk menciptakan kehidupan kita sendiri. Jadi, mengapa mengambil risiko untuk terus terjebak melakukan hal-hal yang tidak kita cintai? Lalu bagaimana dengan kamu sendiri? Sudahkan kamu menjalani passion-mu tahun ini?

  6. 16 Desember 2013: Faith atau Iman 
Hmm... sepertinya tidak perlu panjang lebar, deh. Dalam tema ini teman-teman bisa berbagi pengalaman yang bersifat religi sepanjang tahun 2013 ini. Temanya mungkin sensitif, jadi tidak ada paksaan untuk membaginya secara terbuka.

6 comments:

  1. Replies
    1. Salam kenal, juga. Ayo ayo ikutan. Mudah-mudahan bisa jadi proyek reguler, ya. :))

      Delete
  2. wah. semoga bisa konsisten ikutin project ini.
    rada ragu gua bisa bertahan
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikut. Kan nggak mesti ikutan semua tema. Sesempatnya aja. :)

      Delete
  3. Halo, Mbak. Salam kenal ya.
    Semoga bisa ikutserta :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal. Okay, ditungga sharing-nya, ya. :')

      Delete