Tuesday, February 21, 2012

NIGHT IS (NOT) EVIL


Muslim Starry Night by Ron English

Siang, dan tetiba aku ingin waktu ini berlalu. Sekarang aku begitu merindukan malam. Saat aku bisa berbaring dalam damai. Dibelai oleh hening, dipeluk oleh gelap. Ditemani oleh 4 malaikat yang mengelilingi pundakku dengan setia.

Aku suka malam tanpa cahaya. Ketika satu-satunya yang menerangi adalah sinar bulan. Malu-malu menyelinap melalui jendela yang kubiarkan sedikit terbuka. Dingin. Tanpa selimut aku menantang malam untuk memberi kehangatan.

Aku lupa bagaimana awalnya aku menyukai malam. Mungkin setelah aku berdamai dengan rasa pengap yang membuat nafasku tersengal dalam gelap. Dan pikiran yang berkelana tanpa henti, bahkan merasuk dalam mimpi yang sekejap bertandang.

Dulu ketika kecil, aku merasa dan bisa melihat banyaknya mata bercahaya yang mengawasi. Aku cemas. Mereka begitu berbeda. Mereka tak sama dengan orang-orang yang biasa mengelilingiku di waktu siang. Mereka mengamati. Sebagian ada yang berani mendekat, mencoba menjamah tubuhku. Aku bertanya dalam diam, apa mereka akan membawaku?

Membayangkan berjalan dalam gelap, aku merasa sedang mengucapkan selamat berpisah kePada rasa aman dan kedamaian. Aku tidak punya bayangan akan berakhir di mana. Aku terjebak dalam pusaran emosi yang menghentak. Kadang mereka menyeringai, menatap sendu, tertawa, bahkan menggoda aku untuk menyapa.

Kala itu, rasa takut yang menguasai sama beratnya dengan rasa ingin bertahan untuk terjaga dari tidur yang lelap. Tapi aku terlalu sulit untuk bahkan menghentikan otakku bekerja memikirkan sedang apa mereka. Dan aku lebih memilih untuk membelalakkan mata. Menantang ketakutan. Bahwa aku berani. Aku punya hak atas setiap jengkal dari diriku. Aku tahu, bahwa ada malaikat yang setia menjaga. Dia ada, di pundakku.

Kini aku begitu mencintai malam dengan ketenangannya. Kerapnya, dalam gelap aku bahkan bisa berpikir lebih jernih. Aku punya waktu untuk melakukan flashback dan refleksi atas apa yang terjadi. Bahkan memenuhi pikiranku dengan imaji tentang kemungkinan di esok hari.

Tanpa cahaya. Berani?


*

"Night is not evil. Night is how the day cleans itself.
without night, we won't have the fresh morning air." 

No comments:

Post a Comment